Kamis, 12 November 2009

RPP Bahasa Inggris SMA

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)



Mata Pelajaran : Bahasa Inggris: Perkenalan (Introduction)
Unit : 1
Kelas/Semester : X/I
Pertemuan Ke : 1
Alokasi Waktu : 4 jam pelajaran



A. Standar Kompetensi

Mendengarkan:
Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal dalam konteks kehidupan sehari-hari
Berbicara:
Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal dalam konteks kehidupan sehari-hari.

B. Kompetensi Dasar

Memperkenalkan diri dan memberikan jawaban (self introduction and giving response)

C. Hasil Belajar

Berbicara memperkenalkan diri dan memberikan jawaban

D. Indikator

1. Dapat berbicara memperkenalkan diri dengan teman sekelas melalui dialog interaktif secara lancar dan akurat.
2. Dapat memberikan jawaban atau respon terhadap pertanyaan teman sekelas dalam bentuk conversation
3. Dapat memahami dialog yang diujarkan oleh teman sekelas.

E. Skenario Pembelajaran

No Kegiatan Alokasi Waktu Metode
Pendahuluan
1) Guru memperkenalkan diri tentang identitasnya dihadapan para siswa. Guru memberikan contoh dalam memperkenalkan diri melalui ungkapan bahasa Inggris yang mudah dipahami siswa
2) Guru mendeskripsikan self-introduction pada pembukaan proses pembelajaran dan dikaitkan dengan materi bahasa Inggris yang akan dibahas.

15’
Tanya Jawab
No Kegiatan Alokasi Waktu Metode
3) pertanyaan yang diutarakan oleh guru.

Inti
1) Siswa mencermati ujaran yang dikemukakan guru di awal pembukaan.
2) Siswa diberikan selembar kertas untuk menuliskan beberapa expressions yang mencakup self-introduction dan response.
3) Siswa menyerahkan lembaran kertas tersebut kepada guru untuk diketahui tingkat kebenarannya.
4) Siswa dikelompokkan ke dalam beberapa anggota antara 2-4 siswa.
5) Setiap anggota dalam satu kelompok duduk berhadap-hadapan (face to face) untuk melakukan dialog tentang self-introduction.
6) Siswa melakukan proses bertanya-menjawab tentang identitas anggota masing-masing.
7) Siswa mencatat setiap komentar atau pertanyaan yang dilontarkan lawan bicaranya.

Penutup
1) Guru bersama-sama dengan siswa mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar.
2) Guru memberikan tugas pengayaan untuk membaca literatur Inggris yang berkaitan dengan self-introduction dan respons

Inkuiri
Diskusi
Demonstraasi

Penugasan

F. Media/Sumber Pembelajaran

1. Kertas HVS folio
2. Tape recorder
3. Kamus Bahasa Inggris
4. Spidol warna merah untuk mengidentifiksasi expression yang salah.
5. English Text Book “Window On The World”

G. Evaluasi

1. Evaluasi hasil diarahkan pada penilaian speaking skill yang diucapkan siswa dalam bentuk dialog atau conversation yang meliputi aspek
a. kelancaran mengungkapkan istilah dalam memperkenalkan diri seperti: “Hello, I’m John, and you?”
b. Ketepatan dalam menjawab pertanyaan:
Alex : “Hello. My name is Alex”
Jack : “Pleased to meet you. I’m Jack”
2. Teknik Penilaian meliputi:
a. Tes kognisi berupa menjawab secara lisan dengan format dialog atau conversation antara guru dan siswa mengenai konsep introduction dan response.
b. Tes Unjuk Kerja (psikomotor), dengan melakukan percakapan antar siswa yang meliputi ketepatan terms, vocabulary, dan grammar.
c. Pengamatan Sikap (afeksi), menunjukkan kemampuan berdialog untuk memperkenalkan diri yang telah dimodifikasi.


PENILAIAN
PEMAHAMAN KONSEP SELF-INTRODUCTION DAN RESPONSE

Aspek yang dinilai Kualitas Kerja
1 2 3 4

1. How to express the conversation using self conversation
2. What will you say if your new friend utters:
I’d like to introduce …..
Hi, I’m Mike. What is your name?
Pleased to meet you, Mr. Andrew
3. Show your performance to start the dialog
JUMLAH
JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 12

PENILAIAN
UNJUK KERJA SELF-INTRODUCTION DAN RESPONSE

Aspek yang dinilai Kualitas Kerja
1 2 3 4

1. Pemakain istilah percakapan yang sesuai
2. Menggunakan percakapan yang sesuai dengan tata bahasa Inggris
3. Membedakan pengungkapkan istilah antara “how do you do?’ dengan “How are You?’
4. Kemampuan dalam opening dan closing conversation sebelum memperkenalkan diri.
5. Kemampuan mengeksperikan istilah greeting

6. kemampuan merespon pertanyaan walam bicara
7. kemampuan memahami komentar lawan bicara

JUMLAH
JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 28

PENILAIAN
PERILAKU DALAM PERCAKAPAN PENGENALAN DIRI

Aspek yang dinilai Kualitas Perilaku
1 2 3 4

2. Berinteraksi dengan lawan bicara secara intensif
3. berani mengungkapkan pertanyaan.
4. menyela pembicaraan dengan humor
5. menunjukkan sikap yang sungguh dalam berdialog

JUMLAH
JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 16

Mengetahui, Guru Mata Pelajaran
Kepala SMA Islam Al-Wasatiyah



Drs. Akhmad Suja’i, MM Safrudin, S. Fil



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Tema : Inviting, Accepting and Refusing The Invitation
Unit : II
Kelas/Semester : X/II
Pertemuan Ke : 3
Alokasi Waktu : 4 jam pelajaran



A. Standar Kompetensi

Mendengarkan:
Memahami makna teks fungsional pendek dan teks monolog sederhana berbentuk recount, narrative dan procedure dalam konteks kehidupan sehari-hari
Berbicara:
Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal dalam konteks kehidupan sehari-hari.

B. Kompetensi Dasar

Mengundang Acara/Perayaan (The Invitation)

C. Hasil Belajar

Mampu mengundang, menerima, atau menolak undangan (the ability to invite, accept, or refuse the someone’s invitation)

D. Indikator

a. Dapat mengundang sahabat pada acara tertentu.
b. Dapat memberikan jawaban atau respon terhadap pertanyaan teman sekelas dalam bentuk menerima atau menolak undangan

E. Skenario Pembelajaran


No Kegiatan Alokasi Waktu Metode
Pendahuluan
1. Guru memulai proses pembelajaran dengan mengungkapkan strategi/cara mengundang kawan atau orang lain pada acara atau pesta kita. Seperti: “would you like to join to our party next week?”.
2. Guru memberikan contoh kepada seorang siswa ke depan kelas dan mulai memberikan contoh dalam menguatarakan maksud melalui beberapa ungkapan disertai jawaban menerima atau menolak.
15’


Tanya Jawab
No Kegiatan Alokasi Waktu Metode

Inti
1. Siswa mengamati dengan seksama setiap adegan yang diperagakan oleh guru dan seorang murid. (They observe on the teacher’s performances, how to tell the invitation to the others)
2. Siswa dibentuk dengan pembelajaran dialogis antara teman sebangku (they are formed in dialogical learning).
3. Setiap anggota dalam satu kelompok duduk berhadap-hadapan (face to face) untuk melakukan dialog tentang inviting the party, refusing and accepting it.
4. Siswa mulai melakukan percakapan dengan komunikator sebagai pengundang dan komunikan sebagai pihak yang diundang (The students also begin to communicate in which one as the invitor and the other as the invited).
5. Siswa mengidentifikasikan jenis-jenis percakapan yang masuk sebagai ungkapan inviting, accepting, dan refusing the invitation
Penutup
1. Guru bersama-sama dengan siswa mengadakan refleksi terhadap proses yang telah berlangsung (the teacher and the students reflect learning-teaching process together).
2. Guru memberikan tugas pengayaan untuk membaca literatur Inggris yang berkaitan dengan invitng, accepting and refusing the invitation

150’
15’
Diskusi
Demonstrasi

Penugasan

F. Media/Sumber Pembelajaran
a. Kertas Undangan
b. Tape recorder
c. Kamus Oxford Advanced Learning English
d. Spidol warna merah untuk mengidentifiksasi expression yang salah.
e. Buku “Modern English Conversation” Ghufron Maba

G. Evaluasi
a. Evaluasi hasil diarahkan pada penilaian speaking skill yang diucapkan siswa dalam bentuk dialog atau conversation yang meliputi aspek:
i. kelancaran mengungkapkan istilah dalam mengundang teman karib seperti:
- Would you like to.......?
- Could you come to............?
- I would like to invite to.............? etc.
ii. Ketepatan dalam menerima undangan (accepting):
- Yes, I’d like to very much.
- Yes, thank you. What time?
- Sounds great! Etc.
b. Teknik Penilaian meliputi:
i. Tes kognisi berupa menjawab secara lisan dengan format dialog atau conversation antara guru dan siswa mengenai konsep imviting, accepting dan refusing the invitation
ii. Tes Unjuk Kerja (psikomotor), dengan melakukan percakapan antar siswa yang meliputi ketepatan terminologi, vocabulary, dan grammar.
iii. Pengamatan Sikap (afeksi), menunjukkan kemampuan berdialog untuk mengundang seseorang, menolak dan menerima undangan dengan bahasa yang telah dikembangkan oleh siswa.


PENILAIAN
PEMAHAMAN KONSEP THE INVITATION


Aspek yang dinilai Kualitas Kerja
1 2 3 4

1. How to invite your friend in order to come to your party.
2. What will you say if you accept his/her invitation by pleasure.
3. What will you utter if you refuse the invitation but not hurt his/her heart
4. Complete the dialog using the inviting, accepting, or refusing

JUMLAH
JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 12

PENILAIAN
UNJUK KERJA TENTANG THE INVITATION

Aspek yang dinilai Kualitas Kerja
1 2 3 4

1. Pemakain istilah percakapan yang tepat untuk mengundang, menerima, dan menolak ajakan atau undangan
2. Kemampuan menggunakan percakapan secara halus untuk menundang, menerima, dan menolak undangan.
3. Membedakan ujaran dalam kategori halus, sedang dan kasar
JUMLAH
JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 12

PENILAIAN
PERILAKU DALAM THE INVITATION

Aspek yang dinilai Kualitas Perilaku
1 2 3 4

1. Berinteraksi dengan lawan bicara secara intens
2. berani mengundang seseorang untuk hadir di acaranya.
3. merespons pertanyaan dengan tepat
4. menunjukkan sikap yang sungguh-sungguh dalam berdialog

JUMLAH
JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 16

Mengetahui, Guru Mata Pelajaran
Kepala SMA Islam Al-Wasatiyah



Drs. Akhmad Suja’i, MM Safrudin, S. Fil


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)



Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Tema : Susunan Kata (Word Order)
Unit : 1
Kelas/Semester : XI/I
Pertemuan Ke : 1
Alokasi Waktu : 5 jam pelajaran


A. Standar Kompetensi
Memahami dan mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut (sustained) dalam konteks kehidupan sehari-hari

B. Kompetensi Dasar
Menyusun kata-kata adjective dalam bentuk descriptive-noun.

C. Hasil Belajar
Ketepatan menyusun adjectives.

D. Indikator

1. Dapat berbicara memperkenalkan diri dengan teman sekelas melalui dialog interaktif secara lancar dan akurat.
2. Dapat memberikan jawaban atau respon terhadap pertanyaan teman sekelas dalam bentuk conversation
3. Dapat memahami dialog yang diujarkan oleh teman sekelas.

E. Skenario Pembelajaran

No Kegiatan Alokasi Waktu Metode
Pendahuluan
1. Guru memperkenalkan sampel berupa beberapa benda seperti tas, gelas, atau juga seorang anak kecil yang ditampilkan di muka kelas (the teacher introduces samples such as bag, glasses, or a child in front of the classroom)
2. Guru mendeskripsikan beberapa benda atau seorang anak kecil yang ada di depan kelas dengan bahasa Indonesia terlebih dahulu (the teacher describes anything or a child by using Indonesia)
3. Guru menerangkan setiap benda atau orang memiliki beberapa kata adjective yang berfungsi mengambarkan benda tersebut, menyangkut kata sifat, ukuran, usia, bentuk, warna, dan sebagainya. (Things or people can be described in opinion adjectives, size, shape, age, colour, nationality, material, and noun)
Inti
1. Siswa dikelompokkan ke dalam delapan kelompok yang duduk melingkar (The students are grouped into eight groups that sit on circular form)
2. Setiap kelompok diberikan beberapa barang atau benda dengan ciri khas yang berbeda. (every group is given something or a thing which the special characteristic)
3. Setiap siswa diberikan kertas HVS folio bergaris untuk mencatat dan menggambarkan identitas atau sifat benda tersebut. (every student is given the legal-lined letter in order that stating the things)
4. Siswa mengelompokkan beberapa kata sifat ke dalam bahasa Inggris yang mengidentifikasikan benda yang dilihat. (The students collect some adjectives according to structure)
5. Siswa mulai menyusun urutan kata-kata adjective yang memnuhi kaidah word order (the students begin to order the juxtoposition of word order)

Penutup
1. Guru memberikan contoh yang akurat tentang susunan kata sifat menurut aturan yang baku (the teacher gives the sample how to arrange the adjectives)
2. Guru bersama siswa melakukan refleksi bersama tentang hasil pembelajaran yang sudah dilakukan (the teacher with the students are reflecting about the result of study)
10’







145’
15’
Klasikal
Ceramah

Realia
Diskusi

Refleksi
F. Media/Sumber Pembelajaran

1. Kertas HVS folio
2. Tas, bunga, album, dan jenis benda lainnya
3. Kamus Bahasa Inggris
4. Spidol warna merah untuk mengidentifiksasi expression yang salah.
5. Media televisi dan DVD

G. Evaluasi
3 Evaluasi hasil diarahkan pada penilaian writing skill yang dituliskan siswa dalam bentuk susunan kata adjective dalam word order yang meliputi aspek:
- Ketepatan menulis kata sifat yang menggambarkan benda atau orang yang dideskripsikan.
Example: I like the beautiful young white American girl
- Ketepatan dalam memilih kata sifat yang tepat.
Example: The father bought a luxurious long black German car
4 Teknik Penilaian meliputi:
- Tes kognisi berupa menjawab secara tertulis tentang susunan adjective yang benar.
- Tes Unjuk Kerja (psikomotor), dengan melakukan percakapan antar siswa yang meliputi ketepatan susunan adjectives
- Pengamatan Sikap (afeksi), menunjukkan kemampuan mengungkapkan susunan kata.


PENILAIAN
PEMAHAMAN KONSEP WORD ORDER


Aspek yang dinilai Kualitas Kerja
1 2 3 4

1. How to arrange the adjectives which include some words to describe something or people?
5 2. Fill the blank in the coloumn below according to general adjective, age, color, size shape, material, nationality, and noun?
3. Arrange the adjectives below into good a arrangement?

JUMLAH
JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 12



PENILAIAN
UNJUK KERJA SISWA DALAM MATERI WORD ORDER

Aspek yang dinilai Kualitas Kerja
1 2 3 4

1. ketepatan dalam menyusun kata-kata sifat
2. Menggunakan gaya tulis yang sesuai dengan kaidah bahasa Inggris
3. Tingkat kompleksitas yang terdiri dari sejumlah kata sifat.
JUMLAH
JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 12



PENILAIAN
PERILAKU DALAM PERCAKAPAN TENTANG WORD ORDER

Aspek yang dinilai Kualitas Perilaku
1 2 3 4

1. Merespon benda atau orang yang dilihat dengan menggambarkan.
2. berani mendeskripsikan apa yang dilihat.
3. memberikan penjelasan tentang suatu benda atau sosok orang.

JUMLAH
JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 12


Mengetahui, Guru Mata Pelajaran
Kepala SMA Islam Al-Wasatiyah





Drs. Akhmad Suja’i, MM Safrudin, S. Fil


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Tema : Hobby
Unit : 3
Kelas/Semester : XII/I
Pertemuan Ke : 1
Alokasi Waktu : 5 jam pelajaran

A. Standar Kompetensi
Membaca:
Memahami makna teks fungsional pendek dan teks tulis esei berbentuk narrative, explanation dan discussion dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan.

B. Kompetensi Dasar
Merespon makna dan langkah retorika dalam esei yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan dalam teks beebentuk: narrative, explanation, dan discussion.

C. Hasil Belajar
Memahami teks tentang hobi tertentu

D. Indikator
1. Dapat membaca teks bahasa Inggris tentang hobi dengan lancar
2. Dapat memahami bacaan tentang hobi
3. Dapat menentukan gagasan utama, ketepatan judul, serta identifikasi pronouns.

E. Skenario Pembelajaran

No Kegiatan Alokasi Waktu Metode
Pendahuluan
1. Guru mengutarakan beberapa hobi yang menarik untuk dibahas (the teacher states some interested hobbies)
2. Guru menjelaskan hobi tersebut secara mendetail agar mudah dipahami siswa (The teacher explains those hobbies by detail)
3. Guru mendeskripsikan istilah-istilah teknis yang bersinggungan dengan beberapa hobi yang akan dibahas (The teacher describes technical terminologies that refers to the hobbies)


20’
Tanya Jawab

No Kegiatan Alokasi Waktu Metode
Inti
4. Siswa dengan seksama mendengarkan penuturan guru yang berkaitan dengan hobi (the students listen carefully on the teachers’ utterances)
5. Siswa disuruh mengidentifikasikan beberapa hobi yang menjadi kegemarannya. (the students are commanded to identify some their interest)
6. Siswa mencatat hobi tersebut di dalam buku agenda masing-masing. (the students list these hobbies on the daily books)
7. Siswa diberikan contoh teks yang berhubungan dengan hobi yang populer (the students are given the sampel that related to popular hobbies)
8. Siswa diharuskan merangkum isi bacaan tersebut dengan menggunakan bahasa sendiri (the students are obliged to conclude the text that use their language)

Penutup
1. Guru memeriksa hasil rangkuman tersebut untuk mendeteksi kemampuan pemahaman bacaan siswa (the teacher analyses the conclusion for detection of understanding reading skills)
2. Guru mengutarakan sisi kelemahan siswa dalam membaca dan memberikan solusi (the teacher expresses their weaknesses in reading text and giving solution).
125’
25’
Tanya Jawab
Pemberian Tugas


Problem solving

F. Media/Sumber Pembelajaran

b. Kertas HVS folio
c. Tape recorder
d. Longman Dictionary of Contemporary English
e. Spidol warna merah untuk mengidentifiksasi expression yang salah.
f. Novel “the Journey” karya Jiro Osaragi

G. Evaluasi

1. Evaluasi hasil diarahkan pada penilaian speaking skill yang diucapkan siswa dalam bentuk ketepatan dan kecepatan membaca
- kelancaran mengungkapkan istilah dalam mengekspresikan hobi. Seperti : I enjoy bathing shine in the shore
- Ketepatan dalam penggunaan istilah teknis:
stamp collecting is may hobby. Stamp collecting began after Great Britain issued the world’s first postage stamp in 1980.

2. Teknik Penilaian meliputi:
a. Tes kognisi berupa menjawab secara tertulis tentang ide utama, tema, judul yang tepat, kesinambungan kalimat, identifikasi it, his/her, their, dll
b. Tes Unjuk Kerja (psikomotor), dengan melakukan pembacaan teks secara langsung.
c. Pengamatan Sikap (afeksi), menunjukkan kemampuan mengidentifikasi kandungan isi teks




PENILAIAN
PEMAHAMAN KONSEP TEKS TENTANG HOBBY


Aspek yang dinilai Kualitas Kerja
1 2 3 4

1. Find the reference of these pronouns!
2. What’s the main idea of current paragraph
3. The synonim or antonym of these words above
4. Which the statement is true according to the text

JUMLAH
JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 16

PENILAIAN
UNJUK KERJA TEKS TENTANG HOBBY

Aspek yang dinilai Kualitas Kerja
1 2 3 4

1. Pemakain istilah bacaan yang sesuai
2. Menggunakan ekspresi setiap membaca teks tentang hobi
3. Intonasi dan penekanan nada yang tepat setiap memahami teks pada situasi tertentu
JUMLAH
JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 12




PENILAIAN
PERILAKU DALAM MEMBACA TEKS TENTANG HOBBY

Aspek yang dinilai Kualitas Perilaku
1 2 3 4

1. Keseriusan dalam membaca
2. Tidak diselingi dengan tindakan tertawa atau menyela.
3. Menggunakan bahasa tubuh di waktu membutuhkan
4. menunjukkan sikap yang sungguh dalam memahami teks

JUMLAH
JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 16


Mengetahui, Guru Mata Pelajaran
Kepala SMA Islam Al-Wasatiyah



Drs. Akhmad Suja’i, MM Safrudin, S. Fil


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Tema : Conditional Sentence
Unit : 1
Kelas/Semester : XII/II
Pertemuan Ke : 1
Alokasi Waktu : 4 jam pelajaran


A. Standar Kompetensi

Mendengarkan:
Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal dalam konteks kehidupan sehari-hari
Berbicara:
Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal dalam konteks kehidupan sehari-hari.

B. Kompetensi Dasar
Memahami Unreal Past, if-clause, main-clause

C. Hasil Belajar
Mengungkapkan jenis peristiwa yang mungkin atau mustahil terjadi

D. Indikator
1. Dapat mendeskripsikan peristiwa yang mungkin atau mustahil terjadi.
2. Dapat membedakan jenis pernyataan tentang kejadian atau perbuatan yang mungkin atau mustahil terjadi
3. Dapat mengucapkan jenis-jenis conditional sentence dengan lancar.

E. Skenario Pembelajaran

No Kegiatan Alokasi Waktu Metode
Pendahuluan
1. Guru membuka materi pelajaran dengan menceritakan perbuatan atau peristiwa menurut pembagian waktu, lampau, sekarang, dan yang akan datang (the teacher open the lesson with telling the action or situation based on the time, the past, present, and the future)
2. Guru mendeskripsikan kemungkinan dan mustahil terjadi sesuai dengan pembagian waktu tersebut (the teacher describes the probability and impossibility suitable with teh time)


15’
Tanya Jawab





No Kegiatan Alokasi Waktu Metode
Inti
1. Siswa diberikan modul pembelajaran yang berisi tentang conditional sentence guna memahami tiga tingkat kalimat conditional sentence (the students are given a modul that included conditional sentence so that they understand of three forms of conditional)
2. Siswa diberikan penjelasan tentang ketiga bentuk conditional sentence tersebut (The students are given an explanation about those forms)
3. Siswa diwajibkan merubah kalimat conditional dari bentuk satu ke bentuk dua atau tiga (the students are obliged to change conditional sentence into Form II and III)
4. Setiap siswa melafalkan setiap kalimat secara langsung dari guru dari bentuk pertama menjadi bentuk II atau III (every student pronunce directly of teacher’s comment into Form II or III)
Penutup
1. Guru memetakan kesalahan perubahan bentuk kedua dan ketiga (the teacher exposure the false changes of II and III)
2. Guru mencatatkan rumus dari ketiga jenis bentuk conditional sentence
15’
Pemberian Tugas
Ceramah

Refleksi
Klasikal

F. Media/Sumber Pembelajaran

1. Buku paket
2. Buku grammar
3. English Text Book “Window On The World”

G. Evaluasi
1. Evaluasi hasil diarahkan pada penilaian writing skill yang ditulis siswa tentang perubahan conditional sentence.
2. kelancaran mengungkapkan perubahan conditional sentence secara langsung

H. Teknik Penilaian meliputi:
1. Tes kognisi berupa menjawab secara tertulis tentang perubahan conditional sentence secara langsung.
2. Tes Unjuk Kerja (psikomotor), dengan melakukan pengucapan secara langsung perubahan conditional sentence
3. Pengamatan Sikap (afeksi), menunjukkan kemampuan membuat kalimat pengandaian menurut imajinasi dan pengalaman individu siswa.


PENILAIAN
PEMAHAMAN KONSEP CONDITIONAL SENTENCE


Aspek yang dinilai Kualitas Kerja
1 2 3 4

1. Change the form I into form II
2. Change the conditional sentence into form III
3. The Understanding of change verbs

JUMLAH
JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 12



PENILAIAN
UNJUK KERJA CONDITIONAL SENTENCE

Aspek yang dinilai Kualitas Kerja
1 2 3 4

1. Kecepatan dalam merubah kalimat kondisional
2. Menggunakan perubahan yang sesuai dengan tata bahasa Inggris
3. Membedakan penggunaan verb dalam bentuk I, II, III

JUMLAH
JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 12

PENILAIAN
PERILAKU DALAM CONDITIONAL SENTENCE

Aspek yang dinilai Kualitas Perilaku
1 2 3 4

1. Berinteraksi dengan lawan bicara secara intens
2. berani mengungkapkan kalimat pengandaian.
3. Merespon conditional sentence dari guru
JUMLAH
JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 12


Mengetahui, Guru Mata Pelajaran
Kepala SMA Islam Al-Wasatiyah





Drs. Akhmad Suja’i, MM Safrudin, S. Fil

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar